Maju dan Berkembangnya Perusahaan di Indonesia yang Menerapkan E-Learning

Maju dan Berkembangnya Perusahaan di Indonesia yang Menerapkan E-Learning

Aplikasi e-learning sedikit demi sedikit menyasar banyak perusahaan di indonesia. Satu per satu perusahaan mengaplikasikan pembelajaran via elektronik ini karena banyak manfaatnya. Salah satu manfaatnya, yaitu bisa melakukan efisiensi di segala lini kerja. Dalam waktu yang hampir bersamaan,keuntungan perusahaan bisa ditingkatkan secara maksimal. Dengan begitu, keuntungan yang didapatkan semakin banyak yang menjadikan perusahaan tersebut dapat berkembang.

 

Tentu saja kondisi tersebut menjadikan secara umum bidang ekonomi dan bisnis berkembang dalam trend positif. Namun demikian, persaingan antar perusahaan lebih nyata, apalagi yang memiliki bidang bisnis sama. Misalnya, perusahaan perbankan yang hampir seluruhnya di indonesia sudah mengaplikasikan e-learning. Oleh karena itu, tingkat persaingan perusahaan perbankan tersebut juga semakin meningkat.

 

Penerapan e-learning dengan banyak manfaat

Apapun yang terjadi, perkembangan teknologi dalam berbisnis tidak bisa dihindari. Perusahaan yang mampu mengikuti dan mengaplikasikan perkembangan itu, sangat mungkin memenangkan persaingan yang sesungguhnya. Namun bagi perusahaan yang belum mampu, mereka akan terus ketinggalan satu langkah untuk menuju kesuksesan. Sekarang, tinggal perusahaan itu sendiri mau memilih yang seperti apa. Itulah sebuah tantangan e-learning bagi banyak perusahaan.

 

Berbicara mengenai penerapan e-learning, tentunya sangat beragam dari mulai yang sederhana sampai kepada platform yang kompleks. Contohnya, apa yang dilakukan oleh BII. Pada tahun 2005 dibangun sebuah portal yang disebut BII Corporate University. Merupakan implementasi antara knowledge management system, dan knowledge repository. Sampai pada sistem yang kompleks yaitu LMS (Learning Management System) sebagai aplikasi inti dari sistem e-Learning atau juga bisa disebut sebagai sistem aplikasi online yang memanajemeni pembelajaran.

Contoh Penerapan e-Learning Pada Perusahaan di Indonesia

Maju dan Berkembangnya Perusahaan di Indonesia yang Menerapkan E-Learning 04

Di sini akan diberikan beberapa contoh e-learning dari perusahaan di indonesia yang sudah menerapkannya. Sebelum dan sesudah penerapan e-learning dapat dilihat dari pendapatan yang diterima perusahaan yang bersangkutan.

Bank internasional indonesia

Salah satu bank konvensional, yaitu bank internasional indonesia (bii). Dahulu sebelum masuk e-learning, mereka belum bisa memaksimalkan menjaring nasabah maupun mempromosikan produk-produk perbankan yang mereka miliki. Hal itu dikarenakan para karyawan atau pegawai bii belum mengetahui dan menerapkan e-learning. Akhirnya, kebijakan perusahaan memberikan pelatihan e-learning kepada para karyawan secara bertahap.

 

Pelatihan e-learning dilakukan cukup singkat, yaitu sekitar 1 – 2 hari. Namun, hasil yang didapatkan bisa terasa. Bii mulai berbenah dengan sumber daya manusia (sdm) yang berwawasan e-learning. Perubahan positif itu menjadi sesuatu yang dinanti-nantikan oleh bii karena bisa berdampak luar biasa.

 

Federal International Finance (FIF) 

Contoh e-learning lainnya, yaitu di Federal International Finance. Perusahaan pembiayaan kredit kendaraan bermotor ini juga tak ingin kelewatan dari manfaat e-Learning. Pelatihan dan pengembangan kompetensi melalui e-Learning ini telah dilakukan semenjak tahun 2003. Menurut Thaufik Noograha, Direktur FIF mengakui bahwa implementassi e-Learning telah memberikan dampak yang luar biasa. Sebagai contoh, tercatat sebanyak 2.500 karyawan baru yang diwajibkan mengikuti pelatihan selama periode Mei 2006 sampain dengan 30 April 2007. Dengan penerapan e-Learning ini, Thaufik mengatakan, sebesar 72% efisiensi tercipta per tahun.

 

Garuda indonesia

Salah satu maskapai penerbangan kebanggaan indonesia ini juga sudah menerapkan e-learning perusahaan. Hal itu dikarenakan garuda indonesia sangat yakin bahwa penerapan e-learning menjadi pendukung utama dalam kemajuan perusahaan. Oleh karena itu, pihak garuda tidak ragu untuk memberikan pelatihan e-learning kepada banyak keryawannya.

 

Itulah beberapa contoh e-learning yang sudah diterapkan di tiga perusahaan besar indonesia. Tidak bisa dipungkiri bahwa manfaatnya begitu besar bagi kemajuan dan perkembangan perusahaan. Hal itu sudah terbukti dan tak bisa terbantahkan lagi. Oleh karena itu, sudah seharusnya perusahaan-perusahaan lain di indonesia juga ikut mengaplikasikan e-learning.