Membuat Service Blueprint

Membuat Service Blueprint

Cara Membuat Service Blueprint yang Benar

Pelayanan dalam sebuah bisnis adalah salah satu yang terpenting. Mampu menjadi tolok ukur dari keberhasilan suatu perusahaan. Terutama mereka yang bergerak di bidang jasa, pelayanan harus diperhatikan dengan baik. Customer bisa merasa puas dan akan kembali menggunakan jasa kita atau kembali membeli produk jika pelayanan yang didapatkan memanglah maksimal. Pernahkah anda mendengar tentang service blueprint?

Service blueprint ni merupakan gambar atau peta yang bisa menunjukkan secara akurat sebuah sistem pelayanan. Nantinya ada banyak individu yang terlibat di dalam penyediaan jasa ini bisa memahami sistem dengan begitu baik. Meskipun masing – masing memang memiliki peran dan juga sudut pandang yang berbeda.

Langkah dalam Membangun Service Blueprint

Untuk membangun sebuah service blueprint yang benar, anda bisa mengikuti beberapa langkah dibawah ini. Ikuti langkah dengan seksama dan buatlah bisnis anda menjadi lebih baik lagi.

  1. Identifikasi jasa apa yang akan anda rancang atau rintis.
  2. Identifikasi pula siapa pelanggan yang akan anda bidik dan juga bagaimana segmen yang mereka miliki.
  3. Petakan bagaimana proses pelayanan tetapi dari sudut pandang pelanggan.
  4. Petakan pula proses apa yang bisa dilakukan oleh lini terdepan dan di lini belakang kita.
  5. Hubungkan aktivitas kontak ini dengan fungsi pendukung yang memang dibutuhkan.
  6. Langkah berikutnya adalah tambahkan bukti fisik di setiap titik kontak yang ada.

Ada beberapa komponen dalam service blueprint ini. Seperti physical evidence, customer actions, onstage contact employee, backstage contact employee dan juga support processes. Sementara untuk mereka yang menggunakan gambaran ini adalah service masketers, human resources management, system technology dan juga operation management.

Menggunakan servis ini bisa menjadi tempat untuk berinovasi, mengetahui peran dan adanya saling ketergantungan seperti fungsi, SDM dan juga organisasi. Service blueprint ini juga menjadi desain moment of truth yang berasal dari sudut pandang pelanggan. Mampu mengusulkan feedback ketika dalam proses pelayanan. Manfaat lainnya yang bisa kita dapatkan adalah mampu menjelaskan posisi yang kompetitif, memberi pemahaman tentang bagaimana pengalaman pelanggan yang cukup ideal.

Bagaimana Jika Saya Memerlukan Lebih Banyak Pengetahuan Mengenai Service Blueprint?

Mengenal dan mengetahui lebih dalam lagi tentang bagaimana membuat service blueprint ini bisa anda lakukan melalui training online. Selain mudah dan bisa kita ikuti dimana saja, training online juga bisa kita akses dari tempat kerja. Tidak perlu repot untuk menghadiri pelatihan di kelas tetapi anda hanya membutuhkan koneksi jaringan dan juga perangkat. Kunjungi www.e-manajemen.com.

Menjadi training online terpercaya karena mampu memberi solusi terbaik. Anda bisa mengikuti berbagai pelatihan dan juga mendapat beragam modul. Didukung dengan adanya pengajar yang professional, forum diskusi online, ujian online hingga adanya sertifikat yang bisa anda dapatkan. Training online www.e-manajemen.com akan membantu anda mengetahui bagaimana membuat service blueprint dengan baik dan benar. Kembangkan bisnis dengan pelayanan maksimal sekarang juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *