Sertifikasi Manajemen Risiko

Sertifikasi Manajemen Risiko

Sertifikasi Manajemen Risiko untuk Kelancaran Bisnis

Tak jarang banyak sekali yang menanyakan tentang manfaat dari adanya sertifikasi manajemen risiko untuk kelancaran bisnis. Baik itu manfaat terhadap organisasi dalam penciptaan nilai pemegang saham atau nilai pemangku kepentingan. Dan selain itu juga tidak sedikit yang mengira jika sertifikasi manajemen risiko hanya sekedar bersifat atribut yang tidak memberikan nilai tambah substansial bagi organisasi yang mengharuskan profesional di tempat kerja.

Yang sebenarnya, sertifikasi manajemen risiko memiliki manfaat yang tidak bisa dijelaskan dalam pembuktian matematis karena penyebab penentuan keberhasilan yang didapatkan oleh organisasi – perusahaan untuk menciptakan nilai sangat banyak. Namun ada satu hal yang pasti, sertifikasi manajemen risiko bisa membuat bisnis menjadi lebih tangguh ketika menghadapi ketidakpastian dan risiko yang akan datang.

Sertifikasi Manajemen Risiko

Ketika mengambil sertifikasi manajemen risiko, sebaiknya didasari oleh suatu pemetaan strategik pengembangan Manajemen Risiko Terintegrasi (MRT) yang mengambil konsep pembangunan Pertahanan Tiga Lapis (PTL) atau dikenal juga dengan sebutan Three Lines of Defense.

Pertahanan Tiga Lapis dimulai dari pertahanan pertama yang terdiri dari para pemilik bisnis yang juga berperan sebagai pemiliki risiko. Setelah itu, pertahanan kedua terdiri dari para profesional manajemen risiko yang bernaung di bawah departemen atau unit manajemen risiko korporasi dan yang terakhir adalah pertahanan ketiga. Pada pertahanan ketiga ini terdiri dari semua pihak yang berperan sebagai oversight atau assurance di perusahaan.

Pada semua lini pertahanan tiga lapis, dari pertahanan lini pertama sampai ketiga memerlukan sertifikasi berbeda-beda yang sesuai dengan kebutuhan dan jika dilakukan dengan dasar yang baik maka kekuatan yang dimiliki dalam berbisnis akan lebih kuat dan bisa membangun keunggulan. Selain itu, berbagai ketidakpastian yang akan dihadapi dan risiko yang timbul dari ketidakpastian tersebut bisa diatasi, baik untuk masa sekarang atau masa yang akan datang. Dengan begini, bisnis yang Anda jalankan tidak akan mudah goyah.

Memang semua hal tersebut tidak ada ada jaminan bahwa hal yang tidak diinginkan bisa terjadi namun dengan memaksimalkan sertifikasi manajemen risiko untuk kelancaran bisnis bisa membuat daya tahan menjadi lebih tinggi untuk terhindar dari berbagai hal yang tidak diinginkan. Kesiapan menghadapi berbagai risiko akan dirasa lebih kuat ketika sertifikasi manajemen risiko bisa dilakukan dengan sungguh-sungguh atau dengan dasar yang kuat.

Jika ingin mendapatkan berbagai pelatihan untuk kelancaran bisnis, Anda bisa menghubungi www.e-manajemen.com. Banyak paket tersedia yang cocok dan bisa membuat bisnis menjadi lebih lancar. Anda akan mendapatkan solusi terbaik untuk karyawan yang ingin mengembangkan kompetensi menjadi lebih berkembang tanpa meninggalkan kewajiban yang harus dilakukan di tempat kerja.

Jangan ragu lagi, segera kunjungi www.e-manajemen.com untuk kelancaran bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *