Strategi Perusahaan

Strategi Perusahaan

Memahami Strategi Perusahaan untuk Survive di Berbagai Kondisi

Saat ini zaman semakin maju diiringi dengan perkembangan  dunia teknologi yang juga seolah tidak ingin tertinggal. Kemajuan zaman ini mau tidak mau harus diikuti semua kalangan, termasuk pelaku bisnis yang memiliki perusahaan dalam bidang apapun. Jika enggan berbenah, bukan hal yang mustahil jika perusahaan akan tergilas oleh kemajuan zaman. Untuk mengatasi hal ini harus dilakukan dilakukan strategi khusus agar perusahaan bisa menghadapi arus perubahan yang terjadi.

Salah satu contoh dari efek perkembangan zaman dalam dunia bisnis adalah semakin banyak muncul bisnis baru dalam berbagai bidang dan media. Salah satu yang paling terlihat jelas adalah semakin maraknya bisnis dengan sistem online yang sangat memanjakan  konsumen atau pelanggan karena jika menginginkan sesuatu maka cukup dengan membuka aplikasi layanan tertentu dan membutuhkan waktu hanya beberapa menit sampai prosesnya selesai.

Strategi Perusahaan

Untuk mengatasi hal tersebut, ada kiat yang diberikan Rhenald Kasali yang merupakan Guru Besar Bidang Ilmu Manajemen di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia agar perusahaan bisa menang dalam persaingan yang sangat ketat yaitu dengan melakukan strategi yang handal.

Menurut Rhenald, strategi yang pertama adalah melakukan self disruption yaitu dengan mengganti cara kerja secara revolusioner. Misalnya saja mengubah produk dan membangun sistem online yang akan mempermudah hubungan perusahaan dengan pasar. Selain itu, strategi perusahaan yang seperti ini bisa memperbaiki struktur biaya atau proses bisnis.

Strategi yang kedua adalah melakukan kolaborasi dengan bisnis-bisnis baru yang sedang mulai tumbuh atau bahkan sudah berkembang sekalipun. Strategi perusahaan yang satu ini membutuhkan untuk mencari pola kerja yang sama yang bisa memangkas biaya. Dan langkah terakhir yang juga penting untuk dilakukan adalah melatih seluruh jajaran eksekutif agar bisa memahami makna dari disruption dan membongkar pola pikir yang dimiliki.

Selain itu diperlukan juga untuk refokus segmen dengan memeriksa segmen yang masih terbuka dan tercipta dalam waktu yang relatif cepat dengan memperhatikan mana yang sudah ditinggalkan atau mana yang sudah mengecil. Pertimbangkan lagi strategi yang sudah dibuat tanpa menunggu akhir tahun.

Selain Rhenald, Firmanzah yang merupakan Rektor Universitas Paramadina sekaligus ekonom ini mengatakan bahwa gempuran teknologi yang berkembang secara cepat maka perusahaan dituntut untuk berinovasi dan mengikuti perkembangan zaman. Dianjurkan untuk tidak terpaku pada gaya lama sehingga perusahaan kehilangan konsumen yang pergi mengikuti perubahan pola konsumsi yang terjadi.

Firmanzah juga menambahkan bahwa selain teknologi, terdapat faktor lain yang bisa membuat bisnis menjadi lebih turun yaitu tentang harga karena tak jarang konsumen lebih memilih harga yang terjangkau sehingga pola konsumsi menjadi berpengaruh.

Agar memiliki strategi perusahaan yang lebih tangguh, segera hubungi www.e-manajemen.com. Anda akan mendapatkan banyak sekali manfaat, jadi, jangan ragu dan segera hubungi www.e-manajemen.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *