Supply Chain

Supply Chain

Mengenal Apa itu Supply Chain Manajemen

Dalam berbisnis ada banyak istilah asing yang butuh kita pahami. Hal ini untuk memudahkan komunikasi dan membuat bisnis menjadi lebih baik. Seperti ketika anda menggunakan supply chain manajemen. Terutama dalam kegiatan manufakturing, kegiatan yang pasti terjadi adalah mengkonversikan banyak bahan mentah dan juga bahan – bahan pendukung untuk menjadi barang jadi serta mendistribusikannya pada pelanggan.

Menggunakan manajemen ini, kita bisa mengembangkan bisnis menjadi lebih baik. Namun tetap harus melaksanakan manajemen dengan baik dan professional. Mereka sering menyebut SCM atau supply chain management. Bagaimana alur manajemen ini?

Supply Chain Manajemen untuk Bisnis Lebih Tertata

Jika didefinisikan dengan lengkap, manajemen supply chain ini adalah rangkaian kegiatan yang meliputi produksi, pengendalian terhadap pengadaan, koordinasi, penjadwalan hingga pengiriman produk. Sederhananya adalah SCM ini merupakan mekanisme yang bisa menghubungkan semua pihak dan bersangkutan dengan adanya kegiatan yang terlibat untuk mengkonversikan bahan mentah hingga barang jadi. SCM adalah manajemen rantai yang selalu melibatkan pemasok, pabrik dan juga manufaktur serta penyedia logistik.

Proses dari SCM sendiri juga terdiri dari beberapa tahap seperti di rantai pertama kita menemukan pelanggan. Antinya mereka melakukan order. Sementara dari pihak perusahaan akan melakukan proses pembelian dan memberi informasi seperti tanggal berapa untuk pengiriman produk dan juga berapa jumlah produk yang telah dipesan. Tahap kedua adalah perencanaan. Setelah pelanggan melakukan order nantinya departemen perencanaan akan membuat rencana produksi sesuai yang diinginkan pelanggan. Mereka akan memahami adanya kebutuhan terhadap bahan mentah dan bahan pendukung lainnya.

Tahap berikutnya adalah pembelian atau purchasing. Mereka yang berada di departemen ini akan melakukan pemesanan bahan mentah dan juga bahan pendukung lainnya serta mampu menetapkan tanggal penerimaan serta jumlah yang memang dibutuhkan. Berikutnya adalah di tahap persediaan, bahan mentah dan juga bahan pendukung yang sudah diterima pabrik akan diperiksa baik kualitas hingga ketepatan jumlah. Barulah nanti diproduksi sesuai dengan pesanan yang sudah masuk. Tahap terakhir dari supply chain manajemen ini adalah mengirim pesanan kepada para customer.

Agar bisa mengenal lebih jauh lagi bagaimana menjalankan suppy chain manajemen ini, anda bisa mengikuti e-learning di e-manajemen.com. Tempat online yang menyediakan berbagai solusi bisnis seperti pelatihan social media, digital marketing dan lain sebagainya. Keunggulan dari e-manajemen.com ini adalah para pengajar yang telah professional atau ahli di bidangnya. Juga cara belajar yang secara mandiri menggunakan video serta menggunakan cara belajar serba digital.

Tak perlu meninggalkan tempat kerja anda, melalui e-manajemen.com ini kita bisa mendapatkan banyak ilmu yang bermanfaat untuk berbisnis. Apabila anda telah lulus dari ujian online nantinya akan mendapat sertifikat PPM manajemen karena telah mengikuti pelatihan tersebut. Kembangkan bisnis menggunakan supply chain manajemen. Tetapi butuh pelaksanaan yang tepat agar manajemen tersebut berhasil pada bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *