Teknik Coaching

Teknik Coaching

Mengenal Teknik Coaching, Metode Pengembangan Karyawan

Sering sekali diketahui jika pelaku bisnis mengadakan pelatihan atau training pada setiap karyawannya. Namun sebenarnya selain training masih ada cara lain yang bisa digunakan untuk mengembangkan kualitas karyawan, salah satunya adalah coaching. Di Indonesia sendiri coaching memang jarang dikenal karena memang yang paling populer adalah training.

Coaching atau pembinaan memiliki manfaat yang baik untuk karyawan yaitu untuk memberikan kemampuan leadership yang kuat, meningkatkan kinerja dan produktivitas, mendapatkan keterampilan, mendapatkan wawasan baru, sebagai sarana pendampingan untuk mencapai target, serta membantu karyawan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi.

Selain bermanfaat untuk karyawan, coaching juga bermanfaat untuk perusahaan karena kemampuan yang dimiliki karyawan semakin meningkat. Dengan begini, kinerja karyawan semakin meningkat dan produktivitas perusahaan juga ikut naik.

Teknik Coaching

Teknik coaching bisa dilakukan oleh semua orang namun syarat yang paling penting adalah memiliki kemampuan yang mumpuni di bidang yang digeluti. Jika berada di perusahaan, yang memiliki hak untuk memberikan coaching adalah karyawan yang memiliki kemampuan lebih. Dengan kata lain, dalam hal ini manajer yang dituntut untuk bisa memberikan teknik  coaching kepada anggota tim atau anak buahnya.

Alasan manajer yang memberikan coaching karena dianggap memiliki kemampuan dan wawasan yang bisa dibagikan kepada anak buahnya. Selain itu, manajer juga bisa berada diposisi tersebut karena dianggap memiliki kinerja dan leadership yang baik, dengan pengalman yang dimiliki itulah maka manajer bisa membagikannya lewat teknik coaching. Selain untuk pembinaan, melakukan coaching juga sangat bermanfaat bagi manajer untuk menilai peserta coaching, apakah pantas berada posisi tersebut atau tidak.

Namun jika ternyata ada seorang manajer yang tidak bisa atau bahkan tidak berani memberikan coaching, maka manajer tersebut dianggap kurang kompeten. Berbeda jika manajer bisa dan sanggup memberikan coaching bahkan sampai anak buahnya mengalami peningkatan kinerja yang pesat dan juga memiliki kemampuan leadership yang baik, maka manajer tersebut merupakan manajer yang brilian.

Ketika melakukan teknik coaching, maka karyawan akan lebih memahami visi dan misi yang dimiliki oleh perusahaan. Hal ini termasuk juga segala hal yang berhubungan dengan rencana bisnis. Selain itu, potensi yang dimiliki oleh karyawan akan lebih terlihat dan perusahaan bisa memetakan kemampuan karyawan yang dimilikinya sehingga mereka mendapatkan posisi yang tepat dalam perusahaan.

Tak hanya itu saja, adanya teknik coaching juga akan membantu karyawan dalam menentukan prioritas. Dengan adanya wawasan baru tentang skala prioritas, diharapkan karyawan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan bisa memilah mana saja pekerjaan yang harus diselesaikan lebih dulu. Teknik coaching bisa digunakan untuk mencari cara dan langkah yang tepat untuk meningkatkan kinerja dan prestasi yang bisa diraih oleh perusahaan.

Untuk mendapatkan berbagai macam pelatihan dalam berbisnis, segera kunjungi www.e-manajemen.com. Jangan berpikir lagi dan jangan ragu karena www.e-manajemen.com akan memberikan segala kebaikan untuk bisnis Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *