Training Kaizen

Training Kaizen

Training Kaizen, Metode Improvement Terkenal di Jepang

Menjalankan bisnis tidaklah bisa sembarangan. Butuh perencanaan matang dan juga usaha dalam menjalankannya. Baru – baru ini hadir metode improvement terkenal di Jepang yang menjadi pusat perhatian para pebisnis. Bernama training Kaizen, anda bisa mengenali apa istimewanya dari metode ini. Sebelum mengikuti atau menjalankannya, kenali terlebih dahulu apa manfaat yang bisa didapatkan dari training ini.

Ada beberapa pihak yang menyebut training ini dengan Gemba Kaizen. Metode ini menjadi yang populer dan ada di Jepang serta tujuannya adalah bisa meningkatkan produktivitas suatu perusahaan. Bagaimana training kaizen ini dilaksanakan? Seberapa efektif dalam mengembangkan bisnis menggunakan metode ini?

Mengenal Bagaimana Training Kaizen Dilakukan

Sebutan lain seperti Gemba Kaizen ini memiliki makna tersendiri. Gemba yang berasal dari bahasa Jepang merupakan lapangan atau area produksi. Sementara Kaizen adalah improvement. Dua pengertian ini artinya adalah improvement yang berkelanjutan dan diterapkan pada lapangan atau area produksi. Training ini nanti akan lebih ditekankan pada penggalian motion mind yang menjadi dasar dari pencarian suatu sumber.

Menggunakan training ini akan membuat hasil yang luar biasa. Ada materi pembelajaran yang luar biasa yang bisa kita dapatkan. Dalam training ini ada banyak pembelajaran berbagai sudut seperti misalnya alasan mengapa kita menggunakan gemba, cara menghitung balance loss hingga bagaimana cara menghitung saving cos dan juga Rol dari suatu improvement. Beberapa tujuan dari gemba kaizen ini adalah

  1. Adanya training kaizen ini mampu meningkatkan kesadaran dan juga kemampuan para karyawan. Terutama untuk melakukan perbaikan yang berkelanjutan pada tempat kerjanya masing-masing.
  2. Memahami bagaimana pentingnya perbaikan serta kebutuhan – kebutuhan yang diperlukan. Tentunya di tempat kerja melalui konsep yang berbasis Jepang. Dilakukan secara efektif dan juga efisien.
  3. Mampu meningkatkan adanya pemahaman tentang kegiatan 5S dengan pengawasan visual dan juga kegiatan 3M secara praktis. Tujuannya adalah untuk menerapkan hal ini di tempat kerja.
  4. Training Kaizen bertujuan untuk meningkatkan sikap mental yang baik dan juga bagaimana pola pikir yang fleksibel. Terutama dalam menjalankan perbaikan yang ada di tempat kerja.

5S sendiri yang ada pada kaizen ini adalah singkatan dari bahasa Jepang yang berarti Seiri, Seiton, Siso, Seiketsu dan juga Shitsuke. Masing – masing katanya memiliki makna pemilahan, penataan, pembersihan tempat kerja, pemantapan dan juga pembiasaan sikap kerja. 5S memiliki konsep dan juga keterampilan ideal agar bisa meningkatkan efisiensi, produktivitas hingga keselamatan di tempat kerja.

Anda bisa mengenal lebih dalam lagi bagaimana training kaizen ini dilakukan. Dapatkan materi lengkapnya di e-manajemen.com. Anda bisa mendapat modul Gemba Kaizen dan juga modul sikap kerja 5S. Didukung para pengajar yang profesional, anda bisa menambah kemampuan dalam menerapkan gemba kaizen untuk bisnis anda. Ketahui bagaimana faktor pendukung quality improvement ini dari e-manajemen.com.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *