Tugas Sales

Tugas Sales

Tugas – Tugas Sales yang Harus Dilaksanakan

Memahami bagaimana tugas dan fungsi kita di suatu perusahaan adalah kunci utama sukses bekerja. Mereka yang bekerja tanpa tahu job desk tentu tidak akan terarah. Pekerjaan menjadi berantakan dan tidak sesuai dengan apa yang harus dilakukan. Setiap jabatan memiliki pekerjaan yang berbeda dengan lainnya. Seperti bagian HRD dan sales adalah dua hal yang berbeda dalam menyelesaikan pekerjaan mereka. Kali ini berbicara mengenai apa saja tugas sales yang harusnya dilakukan. Tak lain agar visi misi perusahaan bisa tercapai ketika setiap karyawannya memiliki pandangan yang sama dan bekerja maksimal sesuai bidangnya.

Sales memang lebih kita kenal sebagai marketing. Pihak yang mempromosikan dan juga menawarkan berbagai produk barang dan jasa dari perusahaannya. Bertemu dengan client baru, memfollow up mereka yang ingin bekerja sama dan lain sebagainya. Apabila anda merupakan salah satu yang juga berada di posisi ini, simak ulasan berikut.

Tugas Sales yang Harus Diselesaikan

Ketahui terlebih dahulu bahwa marketing dan sales ini berbeda. Marketing merupakan keseluruhan sistem dari kegiatan bisnis yang bertujuan untuk merencanakan produk, menentukan harga hingga mendistribusikan barang. Sementara sales adalah kegiatan untuk menjual produk dan berusaha meningkatkan penjualan. Jelas bahwa proses marketing tentu lebih panjang dari sales. Tetapi mereka akan selalu berkesinambungan agar bisa berjalan beriringan.

Melakukan Penagihan

Ada kasus lain yang sudah menempatkan tenaga kerja dengan job desknya adalah pada bidang penagihan. Untuk keadaan normal, sales tidak melakukan hal ini. Tak lain agar kita bisa lebih fokus dalam berjualan dan menawarkan produk ke berbagai pihak. Namun ada juga yang menyertakan bahwa penagihan adalah tugas sales yang harus dilaksanakan.

Cari Produk Pesaing

Tugas sales berikutnya adalah mencari tahu tentang informasi dan juga kelebihan kekurangan dari produk pesaing. Tugas yang satu ini tentu untuk meningkatkan penjualan setelah adanya penyempurnaan produk dari pesaing. Model produk, corak warna hingga kualitas harus benar – benar diketahui oleh sales.

Mengumpulkan Informasi Tentang Produk yang Dijual

Seorang sales akan menjual produk dan jasa yang dimiliki oleh perusahaan. Sudah menjadi kewajiban ia mengenali betul bagaimana kelebihan dan kekurangan barang yang akan dijual. Juga seberapa jauh dan kuatnya produk tersebut di pasaran ketika bersaing nanti. Hal ini bisa digunakan pada manajemen pengambilan kebijakan yang ada di pasar. Misalnya seperti retur dan tempo pembayaran.

Memaksimalkan tugas sales tentu merupakan kewajiban bagi para atasan ataupun mereka yang bergerak langsung di dalamnya. Anda bisa mendapatkan banyak metode dan cara agar berhasil menjalankan pekerjaan dengan baik melalui e-manajemen.com. Memahami bagaimana konsep penjualan serta memahami bagaimana proses penyusunan anggaran penjualan dengan baik di e-manajemen.com.

Dengan metode belajar mandiri menggunakan video, adanya diskusi melalui forum online hingga pengajar yang professional bisa menemani anda. Dapatkan pula sertifikat PPM Manajemen setelah lulus dari ujian online. E-manajemen.com menjawab kebutuhan bisnis anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *